1 Penalti 2 Penendang



(ilustrasi: ist)

Tokyo - Kejadian unik terjadi di sebuah pertandingan Liga Jepang atau J-League. Gara-gara sebuah tendangan penalti dilakukan oleh dua "algojo", wasit pun terancam mendapatkan hukuman.

Cerita ini terjadi hari Sabtu lalu ketika Hiroshima Sanfrecce bertanding melawan Shimizu S-Pulse, yang kemudian berakhir sama kuat 1-1.

Di menit ketiga Hiroshima mendapat hadiah penalti. Bek Tomoaki Makino lalu mengambil bola, menatanya di titik putih sebelum berjalan kembali menuju garis depan kotak penalti.

Mudah untuk menduga bahwa Makino-lah yang akan melakukan eksekusi tersebut. Tapi tidak disangka-sangka, pemain lain yang bernama Hisato Sato bergerak masuk dan menjadi "algojo" terakhir tendangan penalti tersebut.

Para pemain dan kiper Shimizu bahkan wasit terang saja terkejut. Namun, sang pengadil lapangan tidak membuat keputusan apa-apa kecuali mengesahkan gol yang tercipta dari "penipuan" penalti tersebut.

Atas insiden tersebut Federasi Sepakbola Jepang (JFA) mengeluarkan pernyataan bernada berang. Kedua "algojo" itu, Makino dan Sato, dianggap menyalahi aturan dengan mencurangi wasit tentang siapa sebetulnya yang akan melakukan tendangan penalti.

"Makino jelas-jelas terlihat sebagai pemain yang akan mengambil tendangan itu (karena telah meletakkan bola)," tutur ketua komite wasit JFA, Yasuhiro Matsuzaki, seperti dikutip
Reuters,Rabu (10/3/2010).

"Momen ketika Sato masuk ke kotak penalti, semestinya itu sudah merupakan
free kick untuk Shimizu, dan kartu kuning untuk kelakukan tidak sportif seperti Sato."

Meski demikian, Makino dan Sato mungkin saja terbebas dari sanksi kartu kuning "terlambat" karena pertandingan telah selesai. Namun, wasit Takuto Okabe menghadapi ancaman skorsing dua pertandingan.

"Ofisial pertandingan semestinya tahu peraturan permainan, dan mereka tidak bisa mengambil keputusan yang benar. Kami akan mempertimbangkan hukuman apa yang pantas diberikan," demikian Matsuzaki.

0 Response to "1 Penalti 2 Penendang"

Posting Komentar

Powered by Blogger