3 Wasit Paling Kontroversial di Dunia

3.Martin Hansson

Keputusannya Mengesahkan Gol "Tangan Tuhan"Thierry Henry dan Memeberikan Freekick Kontroversial Kala Partai UCL Arsenal vs Porto Membuatnya Ada di Posisi 3.

2.Byron Moreno

[img20020620233445.jpg]

Sebagai wasit ”kaliber” versi FEF, hari itu dia ditugaskan untuk memimpin partai penting di Liga Ekuador: tuan rumah Liga de Quito menjamu Barcelona Guayaquil.

Ketika itu, sampai waktu pertandingan hampir habis, skor masih 2-3 untuk kemenangan tim tamu Barcelona Guayaquil. Moreno lantas memberi tanda ke asisten wasit agar ada injury time selama enam menit. Asisten wasit pun mengangkat board time, memberitahu tim yang bertanding, ofisial, penonton, dan pemirsa televisi, ada enam menit lagi waktu tambahan.

Apa istimewanya dari injury time itu? Tak ada, semua wajar. Karena memang banyak pelanggaran yang terjadi dalam salah satu pertandingan paling kasar di Liga Ekuador tersebut.

Namun, Moreno memang penuh kontroversi. Meskipun dia telah memberitahu asisten wasit bahwa waktu tambah cuma enam menit, tapi yang dia laksanakan di lapangan adalah: 13 menit! Rekor injury time terlama di dunia.

Dan buah dari ”ulah” Moreno itu, tuan rumah mencetak dua gol tambahan pada menit ke-98 dan 101 -atau menit ke-8 dan 11 injury time- sehingga Quito berbalik menang 4-3. Barcelona tersingkir. Moreno dihukum tak boleh memimpin pertandingan selama 20 kali oleh bos FEF Luis Chiriboga.

1.Tom Henning Ovrebo

Wasit Tom Henning Ovrebo kini tengah menjadi sorotan. Wasit Norwegia ini dianggap melakukan 'dosa terbesar' saat memimpin laga Fiorentina kontra Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions kemarin.

Kubu Fiorentina harus menelan kenyataan pahit setelah gol Miroslav Klose yang jelas terlihat off side justru disyahkan Ovrebo sekaligus membuat Fiorentina menelan kekalahan 2-1.

Kontroversi ini juga didahului dengan dikeluarkannya gelandang Fiorentina Massimo Gobbi. Tak kuat dengan tekanan yang mengarah kepadanya, Ovrebo akhirnya mengakui telah membuat kesalahan besar saat memimpin laga itu.

0 Response to "3 Wasit Paling Kontroversial di Dunia"

Posting Komentar

Powered by Blogger